Tugas 1 Pengantar Mata Kuliah MPPL

Proses Membangun Kompetensi untuk Kebutuhan Proyek

Dalam tugas kali ini saya akan membagikan langkah-langkah dalam membangun kompetensi untuk kebutuhan proyek. Sebelum itu saya akan mengenalkan apa itu manajemen proyek, Manajemen proyek adalah suatu penerapan ilmu pengetahuan, keahlian dan juga ketrampilan, cara teknis yang terbaik serta dengan sumber daya yang terbatas untuk mencapai sasaran atau tujuan yang sudah ditentukan agar mendapatkan hasil yang optimal dalam hal kinerja, waktu, mutu dan keselamatan kerja. Nah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pernyataan tersebut ialah pada kalimat penerapan ilmu pengetahuan, keahlian dan juga ketrampilan, dimana demi mencapai titik sukses atau tercapainya tujuan suatu proyek perlu mempertimbangkan ketiga hal tersebut. Oleh karena itu, kita perlu mengembangankan kompetensi untuk mempermudah pekerjaan dalam suatu proyek. Dalam bidang Perangkat Lunak (PL) banyak sumber yang dapat kita jadikan tujuan dalam mencari sebuah proyek, salah satunya yakni pada web freelancer projects.co.id. Dalam web tersebut banyak tersedia proyek baik pada bidang PL ataupun yang lainnya, dari sini juga kita bisa banyak belajar dan meningkatkan keterampilan untuk mengerjakan suatu proyek baik secara tim ataupun individu. Jadi tunggu apa lagi, saya sudah bergabung kalian kapan? 




Setelah bergabung dalam suatu web freelancer seperti projects.co.id hal selanjutnya yang dilakukan yakni mencari project yang sesuai dengan minat dan keterampilan yang dimiliki. Disini saya tertarik untuk bergabung dalam suatu proyek yang berfokus dalam pengembangan web secara keseluruhan baik pada Front-End, Back-End dan Database sistem controlling produksi perusahaan manufaktur, sistem manajemen stok, sistem monitoring dan beberapa sistem lainnya.



Nah sebagai usaha kita dalam mencapai tujuan dari suatu proyek yakni dengan mengembangkan keterampilan yang sudah ada dan mempelajari hal yang belum kita kuasai. Saya sebagai seorang yang bermimpi ingin menjadi Full Stack Web Developer harus menguasai banyak hal dibalik pembangunan suatu web yang baik dan interaktif. Dalam contoh yang ada, klien menginginkan pengembang web menguasai beberapa hal seperti HTML, CSS, JS, PHP, Laravel, Codeigniter, MySQL dan Github. Sampai saat ini saya merasa masih sangat kurang dalam penguasaan keterampilan di bidang web developer, walau saya sudah mampu dalam membangun web sederhana dengan HTML, CSS, JS dan penggunaan database MySQL serta menggunakan Github, namun saya masih merasa kurang mampu dalam hal PHP dan framework Laravel bahkan saya masih belum mengetahui banyak hal tentang framework Codeigniter. Untuk rencana kedepannya saya akan belajar hal-hal yang belum saya ketahui dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari beberapa hal mengenai pembangunan suatu web. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS MPPL A 2021